Senin, 23 November 2015

Memilih Bahan Makanan Bergizi untuk Resep Makanan Anak

Kalau sudah begini, apa yang harus Ibu lakukan? Tentu Ibu harus lebih pandai menyiasati bahan makanan bergizi ketika mengolah resep makanan anak.
Resep makanan anak tidak harus menggunakan bahan makanan yang mahal lho, Bu. Beberapa bahan makanan berikut ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk resep makanan anak yang lezat dan bergizi :
Tahu
Tahu adalah salah satu produk olahan kacang kedelai yang mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Proses fermentasi kacang kedelai untuk menghasilkan aneka jenis tahu membuat bahan makanan ini kaya akan protein yang sudah terurai, dan mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, mengolah tahu dalam resep makanan si Kecil dapat bantu memenuhi kebutuhan protein hariannya. Buah hati Ibu akan menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah sakit. Olahan pangan dari bahan dasar tahu cukup bervariasi dan mudah dibuat. Ibu bisa membuat perkedel tahu, tahu isi, atau tahu teriyaki.
Alpukat
Alpukat adalah buah yang bertekstur sangat creamy dan bisa diolah menjadi dessert jika dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga mengandung serat pangan yang baik menjaga kesehatan saluran cerna. Selain menjadi hidangan penutup, avokad juga dapat divariasikan menjadi bahan isian sushi dan saus pengganti mayonnaise.
Kacang
Tahukah Ibu bahwa ternyata kacang merupakan salah satu sumber energi dan protein yang baik untuk si Kecil? Kandungan vitamin E dalam kacang juga akan bantu memenuhi asupan gizi harian untuk anak. Siapkan kacang panggang sebagai pilihan camilan yang lebih rendah lemak. Atau, sertakan kacang dalam mangkuk berisi sereal pada saat sarapan pagi atau sebagai hidangan penutup.
Bila Ibu lebih kreatif, maka olahan pangan dari bahan dasar tahu, alpukat, dan kacang tentu akan menjadi hidangan yang menggugah selera makan si buah hati. Semangat ya, Bu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar